An Encyclopaedia of Medicine, Buku Kedokteran Imuwan Muslim

Pemikir Islam yang melakukan riset dalam bidang kesehatan adalah Mohamed bin Zakaria al-Razi. Pemilik nama lain Rhazes ini hidup pada 841-926 M. Sebuah buku penting dalam bidang medis telah ia hasilkan, yakni Al-Hawi Fit-Tibb (An Encyclopaedia of Medicine). Buku karya al-Razi pun banyak mengupas masalah yang berkaitan dengan obesitas. Beragam penjelasan dan tips terkait obesitas dalam buku ini berasal dari pengalaman dan praktik al-Razi sebagai ahli medis. Tak lupa, dalam buku ini al-Razi menyertakan pendapat para ulama terdahulu dalam hal penanganan obesitas. 

Dalam buku ini, al-Razi sukses mendokumentasikan cara penanganan obesitas dengan menggunakan laporan klinis pasien yang ia rawat. Secara perinci, ia menjelaskan cara-cara yang perlu ditempuh untuk mencegah kegemukan, seperti diet (mengatur pola makan), mengonsumsi obat, pijat, hidroterapi, serta mengubah pola dan gaya hidup.

Selain itu, ia juga menulis buku khusus yang berjudul Manafi al-Aghdhiyah wa Daf’i Madharriha. Dalam kitab ini, al-Razi menjabarkan cara-cara untuk mengusir efek samping nutrisi. Ia uraikan secara jelas dan komprehensif dibandingkan ilmuwan lain yang pernah menulis tema serupa. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s