Saat Imam yang membaca Qunut, apakah mesti mengikuti imamnya?

Saat Imam yang membaca Qunut, apakah mesti mengikuti imamnya?

Pendapat Imam Ibnu Taimiah:

  • فَ ذَا افَ الْمُ لدِّدُ ػ لدِّدُ فِي مَسْ لَةٍ ػ اىَا أَصْلَحَ فِي دِ نِوِ أَوْ الْ وْؿُ ا أَرْجَحُ أَوْ تَؿْوِ ذَلِكَ جَازَ ىَ ا بِاتدِّػفَاؽِ ترََاىِيرِ عُلَمَاءِ الْمُسْلِمِ لدَ دِّ ْ ذَلِكَ لَا أَبُو نِيفَة وَلَا مَالِكٌ وَلَا ال لَّا افِعِيُّ وَلَا أَتزَْد . وَ لِكَ الْوِتْػ وَاَيْػ ه ػنَْبَ ي لِلْمَ مُوِ أَفْ ػتَْبَعَ فِيوِ إمَامَو فَ فْ قَػنَتَ قَػنَتَ مَعَو وَإِفْ لدَ ػ نُتْ لدَ ػ نُتْ وَإِفْ صَللَّاى بِثَلَاثِ رَ عَاتٍ مَوْصُولَةٍ فَػعَلَ ذَلِكَ وَإِفْ فَصَلَ فَصَلَ أَ ضًا . وَمِنْ النلَّااسِ مَنْ تَارُ لِلْمَ مُوِ أَفْ صِلَ إذَا فَصَلَ إمَامُو وَالْأَلَّاوؿُ أَصَحُّ وَاَلللَّاو أَعْلَمُ .
  • Jika seorang yang bertaklid itu bertaklid dalam suatu masalah yang menurutnya baik menurut agamanya atau pendapat itu kuat atau seperti itu, maka boleh berdasarkan kesepakatan jumhur ulama muslimin, tidak diharamkan oleh Imam Hanafi, Maliki, Syafi’I dan Hanbali. Demikian juga dengan witir dan lainnya, selayaknya bagi makmum mengikuti imamnya. Jika imamnya membaca qunut, maka ia ikut membaca qunut bersamanya. Jika imamnya tidak berqunut, maka ia tidak berqunut. Jika imamnya shalat 3 rakaat bersambung, maka ia melakukan itu juga. Jika dipisahkan, maka ia laksanakan terpisah. Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa makmum tetap menyambung jika imamnya melaksanakannya terpisah. Pendapat pertama lebih shahih. Wallahu a’lam62.

Pendapat Ibnu ‘Utsaimin:

  • وسئل فضيلة ال يخ: عن كم ال نوت في صلاة الف ضة؛ والصلاة خلف إما نت في الف ضة؟ … ف جاب فضيلتو ب ولو: ال ي ى أف لا قنوت في الف ائض إلا في النوازؿ، لكن من صلى خلف إما نت فليتابعو درءاً للفتنة، وت ليفاً لل لوب.
  • Syekh Ibnu ‘Utsaimin ditanya tentang hukum Qunut pada shalat Fardhu di belakang imam yang membaca Qunut pada shalat Fardhu?

Syekh Ibnu ‘Utsaimin menjawab: “Menurut kami, tidak ada Qunut pada shalat Fardhu, kecuali Qunut Nawazil. Akan tetapi, jika seseorang shalat di belakang imam yang membaca Qunut, maka hendaklah ia mengikuti imamnya, untuk menolak fitnah dan mempertautkan hati”63.

Pendapat Ibnu ‘Utsaimin Lagi:

  • وسئل فضيلة ال يخ: عن كم ال نوت في الف ائض؟ وما اتضكم إذا لؿ باتظسلم ازلة؟ … ف جاب فضيلتو ب ولو: ال نوت في الف ائض ليس بِ وع ولا نب ي فعلو، لكن إف قنت الإما فتابعو لأف اتطلاؼ ش . … وإف لؿ باتظسلم ازلة فلا ب س بال نوت ينئ لس اؿ الله تعالذ رفع ا.
  • Ibnu ‘Utsaimin ditanya tentang hukum Qunut pada shalat Fardhu? Apa hukumnya apabila terjadi musibah menimpa kaum muslimin? Syekh Ibnu ‘Utsaimin menjawab: “Qunut pada shalat Fardhu tidak disyariatkan, tidak layak dilaksanakan, akan tetapi jika imam membaca Qunut, maka ikutilah imam, karena berbeda dengan imam itu jelek. Jika terjadi musibah menimpa kaum muslimin, boleh berqunut untuk memohon kepada Allah Swt agar Allah mengangkatnya”64.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s