Infrastruktur Ambruk Lagi Sebelum Dipakai, Jembatan Menado Ambrol

wp-1520165472466..jpgInfrastruktur Ambruk Lagi Sebelum Dipakai, Jembatan Menado Ambrol

Kecelakaan proyek pembangunan jalan tol kembali terjadi. Kali ini insiden terjadi di proyek Jalan tol Manado-Bitung yang mengakibatkan 3 orang tertimbun material bangunan. Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, sedang melakukan pemeriksaan atas insiden tersebut. Sementara disinyalir lantaran kegagalan pemasangan box untuk overpass. “Itu pembangunan box overpass. Jadi ada box khusus. Dia perancang betonnya belum cukup kuat, mungkin ada kegagalan di perancangan,” tuturnya di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (17/4/2018). Sebelum seudah seki.tar 12 kali lebih kecelakaan infrasturktur di seluruh Indonesia terjadi . Unuknya beberapa kejadian berlangsung dalam waktu dekat

Sementara Direktur Jembatan Ditjen Bina Marga, Iwan Zarkasi menambahkan, dugaan awal kecelakaan konstruksi terjadi lantaran beton penyangga box masih belum siap. “Beton basah kemudian ada satu yang enggak kuat jadi langsung mengakibatkan jatuhnya tiang lainnya. Kira-kira itu, sebentar lagi diperbaiki cara metodenya,” imbuhnya.

Pembangunan tol itu dilakukan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), di mana dari 39 km dibagi menjadi 2 seksi, yakni Seksi I Road Manado-Sukur-Airmadidi (14 km) dikerjakan oleh Kementerian PUPR dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 km) dikerjakan BUJT, yakni PT Jasa Marga Manado Bitung. Pembebasan lahan masih terus diupayakan dengan melakukan sosialisasi kepada pemilik lahan yang akan dibebaskan. Lahan yang sudah bebas pada Seksi 1 yakni sebesar 65,39% sementara pada Seksi 2 sebesar 43,67%.

Inilah Infrastruktur Yang Ambruk Sebelum Diapakai

Sebelumnya Kecelakaan konstruksi berulang kali terjadi di proyek-proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya Tbk (WSKT). BUMN konstruksi yang telah berdiri sejak 1961 tersebut setidaknya sudah lebih dari lima kali mengalami kecelakaan konstruksi pada proyek-proyeknya. Anehnya, kecelakaan konstruksi yang terjadi kejadian dalam rentang waktu yang tidak lama alias singkat. Untuk proyek jalan tol saja, jika dihitung sejak proyek tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pada tanggal 22 September 2017 lalu, Waskuta telah melakukan kecelakaan konstruksi sebanyak lima kali untuk pekerjaan proyek jalan tol. Yang paling terbaru, pagi tadi tiang girder proyek Tol Becakayu di Jakarta Timur ambruk dan mengakibatkan tujuh orang luka parah.

  1. Tiang pancang proyek Tol Becakayu ambruk, Selasa (20/2/2018). Tiang pancang proyek Tol Becakayu roboh, Selasa (20/2/2018) pagi. Tujuh pekerja dilaporkan terluka.
  2. Jalur Kereta Bandara Soekarno-Hatta Longsor, Senin (5/2/2018). Hujan deras yang mengguyur wilayah Jabodetabek mengakibatkan aktivitas di underpass jalur kereta Bandara Soekarno-Hatta longsor, Senin (5/2/2018), tepatnya di Jalan Parimeter Selatan. Satu orang tewas setelah sempat terjebak di dalam kendaraan yang tertimbun longsor berjam-jam.
  3. Crane Pengangkut Beton Proyek DDT di Matraman, Jakarta Timur, Ambruk Minggu (4/2/2018). Crane pengangkut beton proyek Double Double Track (DDT) di Jalan Matraman Raya, Jatinegara, ambruk pada Minggu (4/2/2018) pagi. Kecelakaan ini mengakibatkan empat pekerja tewas.
  4. Beton Girder Proyek LRT Pulogadung, Jakarta Timur, Roboh, Senin (22/1/2018). Konstruksi proyek Light Rapid Transit (LRT) di Jalan Kayu Raya, Pulogadung, Jakarta Timur, roboh, Senin (22/1/2018) dini hari. Lima pekerja proyek transportasi massal yang dikerjakan sejak pertengahan tahun 2016 itu terluka.
  5. Beton Girder Proyek Jalan Tol Depok-Antasari, Jakarta Selatan, Jatuh, Selasa (2/1/2018). Beton girder proyek Jalan Tol Depok-Antasari, Jakarta Selatan roboh pada Selasa (2/1/2018) pukul 10.00 WIB. Beton girder ambruk diduga lantaran tersenggol alat berat. Tidak ada korban dalam insiden ini.
  6. Crane Ambruk di KM 15 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kamis (16/11/2017). Insiden ini mengakibatkan kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek.
  7. Beton proyek Light Rail Transit (LRT) Jatuh di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Rabu (15/11/2017). Beton proyek LRT di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, jatuh dan menimpa mobil. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.
  8. Pembatas beton proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jatuh di Jalan Wijaya II, Jakarta Selatan, Jumat (3/11/ 2017). Overhead Cetenary System (OCS) Parapet seberat 3 ton, jatuh dan menimpa pemotor yang sedang melaju hingga terluka ringan.
  9. Konstruksi Tol Pasuruan-Probolinggo di Desa Curukgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Roboh, Minggu (29/10/2017) pagi. Satu pekerja tewas akibat konstruksi jembatan di Stasiun 4 Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, roboh pada Minggu (29/10/2017) pukul 09.45 WIB.
  10. Tiang Proyek Konstruksi Light Rail Transit (LRT) Timpa Rumah Warga, Selasa (17/10/2017). Tiang proyek LRT menimpa dua rumah warga di Jalan Kelapa Nias Raya, Blok PA 3, No 02, Kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (17/10/2017) sekitar pukul 01.50 WIB. Tiga warga luka akibat kejadian ini.
  11. Jembatan Overpass Tol Bocimi di Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Ambruk, Jumat (22/9/2017). Seorang pekerja proyek pembangunan jembatan overpass Tol Bocimi tewas tertimpa runtuhan cor beton badan jembatan. Peristiwa terjadi di lokasi proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), persisnya di Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.
  12. Dua Pekerja Proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan Tewas, Jumat (4/8/2017). Dua pekerja proyek LRT tewas usai terjatuh dari tiang penyangga LRT yang menjadi pijakannya dalam bekerja, di zona Jalan Demang Lebar Daun Kecamatan IT I, Palembang.

wp-1523405019957..jpgwp-1523409244367..jpg

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s