Pilpres 2014, Pendukung Parpol Pengusung Tidak Solid Pilih Jokowi. Benarkah Tahun 2019 Lebih Buruk Lagi ?

Pilpres 2014, Pendukung Parpol Pengusung Tidak Solid Pilih Jokowi. Benarkah Tahun 2019 Lebih Buruk Lagi ?

Sejumlah partai pendukung Capres-Cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla di Jawa Timur tidak solid mendukung pasangan tersebut. Meski elit politik menyatakan mendukung pasangan itu namun di grassroot masih banyak yang memilih mendukung Prabowo-Hatta. Pendukung parpol tampak menentukan pilihannya sendiri. Dengan kondisi tersebut, artinya pemilih lebih memilih figur dalam pilpres 2014 ini. Biarpun elit politik sudah menyatakan mendukung ternyata tidak memiliki pengaruh yang signifikan dengan massa di bawah. Hal itu terkuak dari hasil survei lembaga Oranye Survei Indonesia (OSI) terkait perilaku pemilih yang dilakukan pada 24 Mei hingga 2 Juni 2014. Pendukung paling tidak solid terutama partai Hanura, Nasdem dan PKB. Tampaknya pilpres 2019 diprediksi pendukung Parpol pengusung lebih tidak solid mendukung Jokowi, karena elektabilitas Jokowi yang relatif stagnan bahkan ada kecenderungan menurun dibandingkan 4 tahun yang lalu. Meski mengklaim keberhasilan pembangunan infrastruktur tetapi saat ini Jokowi sulit keluar dari buruknya masalah ekonomi. Hal itu diperberat dengan sulitnya Jokowi terlepas dari isu menyeramkan yang dilemparkan rakyat khususnya isu komunis, keperpihakan asing dan aseng khususnya TKA atau reklamasi, isu anti Islam dan masalah kriminalisasi ulama. Melihat berbagai kondisi tersebut benarkah akar rumput atau pendukung parpol pengusung semakin tidak solid memilih Jokowi dalam pilpres 2019 ?

Hal itu terkuak dari hasil survei lembaga Oranye Survei Indonesia (OSI) terkait perilaku pemilih yang dilakukan pada 24 Mei hingga 2 Juni 2014. Dengan sample 1.414 reponden di 38 kabupaten/Kota Jawa Timur sesuai dengan proporsi DPT Pilpres 2014. Direktur Utama OSI Agus Wahyudi pada tahun 2014 menyatakan dari survei tersebut terkuak bahwa tidak sepenuhnya massa parpol pendukung Jokowi-JK mendukung penuh pasangan tersebut. Contohnya, Partai NasDem sebanyak 33 persen mendukung Prabowo-Hatta dan 32 persen mendukung Jokowi-JK sisanya 35 persen belum menentukan pilihan.

Kemudian untuk PKB. Di Jawa Timur sebanyak 39 Persen memilih Prabowo-Hatta dan 42 persen ke Jokowi-JK. Untuk massa PKB yang belum menentukan pilihan sebanyak 19 Persen. Pun demikian dengan Partai Hanura. Di Partai yang digawangi oleh Wiranto ini terkuak bahwa pemilih Jokowi-JK hanya 42 persen sementara pemilih Prabowo-Hatta mencapai 32 persen dan yang belum menentukan pemilihan 26 persen. “Untuk PDIP yang memilih pasangan Jokowi-JK sebanyak 80 persen. Dan sebanyak 7 Persen memilih Prabowo-Hatta sebanyak 7 persen. Kemudian 13 persen belum menentukan pilihan,” katanya.

Kondisi ini berbeda denga Parpol pendukung pasangan Prabowo-Hatta. Hampir sebagian besar massa Partai Gerindra, PPP, PAN, Golkar dan PKS mendukung pasangan tersebut. Seperti Partai Gerindra sebanyak 80 persen memilih Prabowo-Hatta dan hanya 18 persen mendukung Jokowi-JK. Massa Partai Gerindra hanya 2 persen yang belum menentukan pilihan. Kemudian PKS. Di Jawa Timur sebanyak 79 Persen memilih Prabowo-Hatta dan 8 persen ke Jokowi-JK sisanya 13 persen belum menentukan pilihan. Sedangkan untuk Golkar sebanyak 52 Persen mendukung pasangan nomer urut 1 dan 25 persen mendukung Jokowi-JK sisanya 23 persen belum menentukan pilihan. “Untuk PPP di Jatim sebanyak 54 persen mendukung Prabowo-Hatta, 17 persen mendukung Jokowi-JK dan 29 persen belum menentukan pilihan. Pun demikian dengan PAN sebanyak 69 persen mendukung Prabowo-Hatta, 15 Persen ke Jokowi-JK dan sebanyak 16 persen belum menentukan pilihan,” jelasnya.
Ia juga mengatakan, sejumlah reponden menentukan pilihannya sendiri. Dengan kondisi tersebut, artinya pemilih lebih memilih figur dalam pilpres 2014 ini. Biarpun elit politik sudah menyatakan mendukung ternyata tidak memiliki pengaruh yang signifikan dengan massa di bawah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s