Survey RTK: Jokowi Dinilai Tak Berhasil Atasi Masalah Ekonomi

Jokowi Dinilai Tak Berhasil Atasi Masalah Ekonomi

Hasil survei Roda Tiga Konsultan Jokowi Tidak behasil masalah Ekonomo tersebut atau Yang tidak berhasil:

  • Menyediakan lapangan kerja: 62,2%
  • Harga sembako agar terjangkau: 54,5%
  • Pemerataan kesejahteraan bagi warga pada umumnya: 53,5%
  • Memberantas korupsi: 48,0%
  • Menegakkan hukum yang adil tanpa tebang pilih: 47%
  • Perumahan/hunian yang memadai dan terjangkau: 41,4

Roda Tiga Konsultan (RTK) merilis hasil survei terhadap tingkat keberhasilan kinerja pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasilnya, persoalan terkait ekonomi masih menjadi isu utama yang dianggap tidak berhasil.

Survei dilakukan pada 21 April-2 Mei 2018 di 34 provinsi. Survei dilakukan kepada 1.610 responden. Survei dilakukan dengan stratified systemic melalui metode multistage random sampling. Margin of error survei kurang-lebih 2,5%.

Simulasi dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada responden, “Seberapa berhasilkah pemerintah dalam menyelesaikan masalah berikut ini? Apakah sangat berhasil? Berhasil? Tidak berhasil? Sangat tidak berhasil?”

“Yang tidak berhasil, menyediakan lapangan kerja 62,2%, harga sembako agar terjangkau 54,5%, pemerataan kesejahteraan bagi warga pada umumnya 53,5%, kemudian ada memberantas korupsi, penegakan hukum yang adil, perumahan/hunian yang terjangkau,” ujar Direktur Riset Roda Tiga Konsultan Rikola Fedri dalam paparannya di Cafe Mandailing, Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (24/5/2018).

Fedri memaparkan, dari enam isu yang dilempar ke responden, tiga isu utama yang dianggap tidak berhasil adalah isu yang terkait dengan ekonomi. Di antaranya penyediaan lapangan kerja, harga sembako, dan kesejahteraan rakyat.

“Ini kalau kita lihat dari tiga isu utama yang dianggap tidak berhasil adalah yang terkait dengan ekonomi. Jadi ini catatan juga buat Pak Jokowi bagaimana menyelesaikan permasalahan ekonomi,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s