10 Fakta dan Kejanggalan Tercecernya Ribuan E-KTP.

Peristiwa e-KTP yang tercecer dari truk itu terjadi di jalanan simpang Salabenda, Desa Parakansalak, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor dan disaksikan warga setempat, Sabtu (26/5). Pada KTP-KTP elektronik yang tercecer tersebut terdapat tulisan Pemerintah Sumatera Selatan. “Walau itu e-KTP rusak atau invalid, kenapa tidak harus dihancurkan langsung?” kata Tjahjo kepada detikcom. Akibat kejadian ini, Tjahjo telah mengirimkan tim dari Kemendagri untuk menyelidiki kasus tercecernya dua kardus e-KTP ini. Dia juga menyelidiki apakah kejadian ini ada unsur kelalaian atau upaya sabotase. Terdapat beberapa kisteri dan keanehan dalam peristiwa tersebut. Misteri dan keanehan itu harus jadi perhatian banyak pihak karena kejadian tersebut berpotensi disalahgunkan oleh masuknya serbuan TKA Cina dan dapat disalahgunakan dalam Pilpres 2018.

10 Fakta dan Kejanggalan Tercecernya Ribuan E-KTP.

  1. Saat masyarakat banyak kesulitan dapat e-KTP tiba-tiba ada banyak e-KTP berserakan dijalan raya di Bogor.
  2. Saat ditemukan kasus itu secara cepat mendagri menginstruksikan untuk membakar eKTP itu. Bukanlah seharusnya dijadikan bukti dulu. Anehnya mengapa harus buru buru dibakar, bukanlah eKTP itunsudah terseimpan sejak tahun 2010 digudang itu.
  3. Bagaimana bisa e-KTP yang diduga beralamat di Sumatera Selatan dibawa ke Jawa Barat. Dia mendorong agar ada audit untuk menelusuri peristiwa ini. e-KTP itu beralamat Sumatera Selatan, perlu diaudit bagaimana e-KTP rusak punya Sumsel adanya di Jabar. Bukankah kalau ada kesalahan mestinya dihancurkan di tempat. Bagaimana SOP sebenarnya tentang hal tu ? Untuk apa e-KTP rusak dikumpulkan?
  4. Tidak dilakukan penyelidikan secara terbuka dengan pihak independen. DPR DAN rakyat harus terus mendorong agar dilakukan audit secara transparan dan terfokus. Bila tak ada keseriusan menyelesaikan masalah e-KTP ini, maka Kemendagri bisa dinilai gagal oleh masyarakat dalam menyelidiki peristiwa ini. Soalnya, e-KTP berfungsi pada Pemilu. Segera lakukan penyelidikan fokus di audit dan transparan, karena seperti diketahui fungsi e-KTP sangat vital jelang pilkada/pemilu.
  5. Tahun 2016 lalu Komisi II sudah pernah menemukan hal yang sama atas laporan atau temuan Bea Cukai Bandara Sukarno Hatta. Potensi pemalsuan yang terjadi bisa ratusan kali lebih besar dari temuan tersebut
  6. Politisi DPR mengimbau agar semua pihak serius dalam menyikapi ini. Soalnya mafia e-KTP bisa berpotensi menjadi pintu masuk imigran gelap ke seluruh pelosok Indonesia, sehingga membahayakan keamanan.
  7. Diputuskan untuk menggunting e KTP itu agar tidak disalahgunakan. Anehnya mengapa harus digunting sekarang, tidak digunting sejak dulu. Padahal KTP itu sudah tersimpan lama dalam gudang itu sejak tahun 2010.
  8. Alasan aneh lainnya KTP itu tidak dihancurkan sejak dulu karena menunggu keputusan dan pemeriksaan BPK, Inspektorat Jenderal atau KPK untuk dijadikan bukti. Yang menjadi pertanyaan apa relevansinya juttaan karth E-KTP untuk bukti KPK. Bukankah KPK sudah punya bukti sendiri. Dan KTP rusak tidak ada hubungannya dengan kasus korupsi e KTP. Mengapa sejak tahun 2010 sampai 2017 masih belum dilakukan pemeriksaan oleh BPK, inpekyotat jenderal atau KPK. Uniknya saat kejadian tersebut langsung KPK memastikan hal itu bukan barang bukti KPK. Selama 7 tahun diragukan bukti KPK tetapi hanya dalam sehari itu KPK langsung bisa memutuskan hal itu bukan barang bukti KPK. Harusnya hak itu bisa ditanyakan KPK jauh hari sebelumnya
  9. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mempertanyakan kebijakan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang tak langsung menghancurkan e-KTP rusak itu. Menurut dia, setiap keping e-KTP yang rusak atau salah harus segera dimusnahkan. Bukan justru disimpan di gudang karena berisiko akan disalahgunakan. Hal ini terjadi ketika seorang menteri baru tahu masalah ini meski sudah trrjadi penuimpanan sejak tahun 2010. Seorang menteri tidak memahami SOP pemusnahan KTP itu tetapi justru mempertanyakannya pada bawahannya
  10. Keanehan lainnya sopir tidak mengetahui isi barang yang dikirimnya. Ditambahkan kejanggalan barang yang dikirim hanya beberapa dos dan karung. Sedangkan barang yang dikitprim lainnya adalah perabotan meja, kursi dan lemari. Supir juga heran mengapa bisa jatuh ? Karena, sudah diikat demikian rapi dan kuat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s