Mendagri: 2 Juta Orang BerKTP Ganda, KPU: Bekal KTP Bisa Coblos Tanpa DPT. Bagaimana Penanganannya ?

Mendagri: 2 Juta Orang BerKTP Ganda, KPU: Bekal KTP Bisa Coblos Tanpa DPT

Saat dalam acara ILC (29/5/18) Menteri Dalam negeri Tjahjo Kumolo membeberkan 2 juta penduduk Indonesia memiliki KTP ganda, sidik jari sama, foto sama, yang namanya dan alamatnya berbeda. Mendengar pernyataan itu, Karni Ilyas tampak kage,tetapi kemudian, Tjahjo Kumolo menegaskan jika KTP yang ganda itu tidak akan lolos di DPT karena pengawasan yang ketat dari KPU dan Panwaslu. Tetapi beberapa pengamat mengatakan tak semudah itu. Dalam Pilkada DKI tahun 2017, KPU menetapkan bahwa meski tidak terdaftar dalam DPT pemilik KTP bisa melalukan pencoblosan, dalam 1 jam terakhir. Saat mendagti menyatakan pengawasan KPU dan Bawaslunakan ketat, Karny Ilyas menanyakan bagaimana petugas TPS memstikan bahwa itu KTP asli dan bukan KTP Ganda ?

Ternyata meski tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada DKI Jakarta 2017, meskipun telah memiliki KTP elektronik (e-KTP), tetap bisa melkukan pencoblosan. Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelurahan Kebon kacang, Jakarta Pusat, Iman Suwandi. KTP elektronik saya terdaftar di kelurahan ini. “Tidak usah khawatir, masih bisa memilih. Caranya langsung datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pencoblosan, bawa e-KTP nya. Tapi baru bisa menyoblos di satu jam terakhir pemberian suara, atau mulai pukul 12 siang,” kata Iman. Pemilih yang memiliki e-KTP tetapi tidak terdaftar dalam DPT, hanya bisa mencoblos sesuai dengan RT/RW alamat yang tertera di identitas. Banyak fakta yang ditemukan saat itu ternyata pemilik KTP yang tidak terdaftar dalam DPT jumlahnya sangat banyak. Sehingga banyak TPS yang kehabisan blanko pemilih. Peristiwa seperti inilah yang bisa disalahgunakan para pemilik KTP ganda atau ilegal untuk dapat mencoblos m3ski dia tidak berhak memilih.

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta menetapkan pihaknya tetap membuka kemungkinan ada pemilih yang belum masuk DPT. Bagi warga DKI yang belum masuk DPT masih bisa menggunakan hak pilihnya selama mengantongi identitas sebagai warga ibu kota. Cukup menunjukkan KTP saat hari pencoblosan. Penggunaan hak pilih harus disesuaikan dengan alamat yang tercantum dalam KTP. “Mereka tidak kehilangan hak pilih. Tetapi mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara nanti dengan menunjukkan KTP elektronik atau surat keterangan dari dinas kependudukan atau catatan sipil,” tegasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s