MUDIK 2018 Jokowi Dipuji Setinggi Langit. Tetapi Kesombongan Seketika Terjerembab Ketika Tol Cipali Macet Parah 45 km.

Tol Jokowi Terlanjur Dipuji, Ternyata Mudik Di Cipali Macet Parah 42 Km

Beberapa hari menjelang lebaran arus mudik lumayan lancar, meski sempat terjadi kemacetan mungkin paling paling panjang kemacetan 13 km. Media masa dan dunia medsospun heboh dengan bermunculannya suara suara kesombongan pihak tertentu yang mengklaim sepanjang sejarah baru kali ini presiden Indonesia bisa mengatasi macet saat mudik. Bahkan secara berlebihan PDIP mengatakan bahwa ini adalah mudaik paling lancar dalam 30 tahun terakhir. Tetapi pujian dan kesombongan itu lenyap seketika ketika puncak mudik salah diprediksi. Hari Rabu itu mudik ternyata mencapai puncaknya sehingga Jalur Tol Cipali yang jarang macet panjang ternyata dilaporkan timbul kemacetan bisa mencapai macet sepanjang 45 km. Sedangkan Jakarta Cikampek mengular macet sekitar 10 km. Para pemudikpun mulai tampak tidak sabar, jenuh dan lelah karena perjalanan mudik tidak diperkirakan seperti bebrala hari sebelumnya.

Peningkatan kendaraan pemudik menyebabkan banyak titik macet di jalan tol, mulai dari Cikampek hingga Cikopo – Palimanan pada hari ini, Rabu 13 Juni 2018. Seperti diketahui bahwa hari ini merupakan puncak arus mudik fase II. Berbeda dengan puncak mudik sebelumnya, puncak mudik kali ini justru membuat banyak kemacetan di jalan tol. Kemacetan di ruas Tol Cikampek, bahkan mencapai 20 kilomter sebelum gerbang Tol Cikarang Utama. Antrean kendaraan terjadi dari KM 21 sampai KM 41, antreannya 20 kilometer dan kecepatan rata-rata hanya sampai 10 km per jam. Kemacetan di Tol Cipali, bahkan totalnya sudah mencapai sekiyar 45 kilometer. Jumlah itu merupakan hasil akumulasi dari kemacetan di sejumlah ruas jalan mendekati rest area di sepanjang Tol Cipali. Mulai dari KM 13 hingga KM 86.

Seorang pengemudi mobil pribadi dari Jatimegara mengungkapkan dengan kekesalan bahwa dia berangkat dari tumah pukul 12.00. Tetapi setelah 5 jam masih berhenti di km 39. Jadi dalam 25 km ditempuh dalam 5 jam. Padahal tujuannya afalah kota Surabaya. Tidak bisa dibayangkan sampai berapa lama untuk mencapai kita tujuannya. Sementara pemgemudi lain juga mengalami nasib yang sama untuk mwncapai kota tujuannya Solo baru setengah perjalanannya masih terjebak di Tol Cipali. Seotang sopir lainnya juga mengatakan justru mudik saat ini macet semakin parah. Dahulu macetnya sekitarn10-15 km menjelang memasuki tol Cipali. Saat ininsaat memasuki jalan tol menhular sangat panjang.

Ketua Harian Posko Direktorat Jendral Hubungan Darat, Nurhadi Unggul Wibowo menjelaskan, dari pantuan bahwa waktu tempuh dari dari Cikarang Barat sampai rest area KM 39 mencapai hingga 3,5 jam. Dengan rata-rata kecepatan kendaraan hanya 10 km per jam. Kemacetan tersebut, kata dia, terutama disebakan adanya penumpukan kendaraan di setiap rest area, sehingga menyebabkan pemudik menggunakan bahu jalan untuk berisitirahat dan berdampak pada kelancaran arus kendaraan. “Rest area tadi yang menumpuk, sebabkan ruas di KM 39 tersendat. Jadi, banyak yang berhenti di bahu jalan, dan rest areanya penuh, kapasitas parkir penuh,” katanya. Demi mengantisipasi kemacetan tersebut, Nurhadi mengaku pihaknya di lapangan telah memberlakukan contraflow sepanjang KM 30 hingga KM 61 atau sepanjang 30 Km. “Yang dilakukan di lapangan itu contraflow sepanjang 30 kilometer. Juga, berlakukan buka tutup, untuk mengarahkan kendaraan untuk keluar ke jalur arteri, dan nanti masuk tol lagi setelah melewati titik macet itu. Kedua mengimbau yang berenti di bahun jalan agar segera bergerak,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s